Kamis, 17 Mei 2012

Daftar Tentara (lagi)

Hari itu tanggal 16 Mei 2012 gue dapet instruksi untuk dateng pagi-pagi jam 6 sampai di LANTAMAL III yang ada di jalan gunung sahari no.2 Jakarta. alhasil gue pun bangun dan berangkat dari rumah jam 04.30 pagi, disaat jalan masih gelap, dan orang-orang masih jarang yang bangun ya mau diapain lagi, ini perintah. sebenarnya ini bukan kali pertama gue disuruh dateng pagi-pagi buta gini. beberapa hari sebelumnya pun gue disuruh dateng tapi diundur lagi diundur lagi, yang ada cape bolak balik sama ngotorin baju doang.

setelah gue ngumpul disana ya seperti biasa, nongkrong di trotoar sambil nunggu arahan dan bener, ngaret lagi sampe jam 8 ah ampun deh, sebenernya yang ga disiplin tuh siapa disini ? but itulah hak panitia kita ga boleh protes dan kita pun nunggu disana dengan diiringin mars TNI AL yang bikin kita makin yakin aja buat berjuang diseleksi ini. setelah udah jam 8 akhirnya semua kita dipanggil per kelompok, disana ada CAKAD (calon kadet) CABA (calon bintara) sama CABAWAN (wan nya itu wanita alias calon KOWAL) dan grup bintara itu ada 5 gelombang yang dateng hari ini, gue pun ada di gelombang 4.

pas lagi nunggu gue udah ngomong tuh sama temen gue pas ngumpul, "eh bang gue mau kencing nih gue nyari toilet dulu ya" pas gue lagi nyari toilet sambil nahan kencing yang udah diujung tanduk itu pas udah sampe toilet dan ada benda sialan yang gue liat ngeggantung di pintu itu yaitu GEMBOK ! yaampun kamar mandinya  digembok dan gue mikir masih ada lagi kamar mandi di lantai atas. pas gue nyampe tangga eh dijaga sama provos, soalnya apel didepan belum selesai. masya Allah.. nunggu lagi deh.. eh gelombang 4 dipanggil suruh ngumpul, yasudah dengan menahan kencing itu gue pun ngumpul dan duduk dimana kalo duduk itu celana gue neken perut n kemih yang bikin itu tambah kebelet.

setelah kita kumpul eh pas gue liat ada serombongan bintara sama tamtama bersenjata habis apel. pas gue liat muka-muka nya eh ada si bapake ikutan bawa M-16. ya selama bokap gue kerja gue belom pernahh liat dia kalo apel gimana, yang gue tau dia KKM di kapal karena bapake jago banget tekniknya. pas gue liat dia ikut rombongan rasanya keren banget. hahaha dan intruksi berikutnya pun datang, gue dan temen-temen gelombang 4 suruh pindah tempat ke depan aula dan disuruh buka baju celana hanya mengenakan kolor berwarna biru. gue dan teman yang lain pun buka baju dan ga asiknya itu DIDEPAN CABAWAN !! sakit nih, ya tapi gapapa lah bukan sendiri ini. sambil nungguin gelombang 3 selesai pemeriksaan kesehatan 1 kita suruh nunggu lamaaaa banget dan berhubung gue udah ga kuat nahan kencing gue pun minta izin buat ke kamar kecil.

pas lagi nunggu lamaaaa gini perut gue ngajak berantem, gue mules brooo ! ah ketek ini KENAPA DISAAT  KAYA GINI SIH ?!! ampun deh, yaudah gue tahan aja sampai saatnya tiba pengukuran tinggi badan, pas giliran gue dipanggil ternyata berat gue naik 4 kilo ! masya Allah.. dan tinggi gue naik 1 cm. kita nunggu lagi dengan gue masih mules disana. tiba-tiba ada kolonel yang mau lewat tapi kehalangan kita yang lagi duduk, mobilnya jadi ga bisa keluar, alhasil dia marah-marah dengan nada yang sangar (tidak keras tapi ya sangar) tapi ya ini bukan tanggung jawab kami, kami duduk disini pun dengan perintah, dan kena deh tuh provos yang jaga. liat gitu jadi inget pramuka sama kalo gue kerja. haha

giliran pemeriksaan gelombang 4 pun tiba, panitia bilang, "ada yang mau ke toilet dulu ?" banyak tuh yang nunjuk, panik attack kali ya ?! yaudah bergiliran deh tuh masuk kesana yaudah deh gue ikutan aja, disaat yang lain kencing berjamaah di satu kamar mandi, gue masih sibuk gelisah nahan boker gue yang udah di ujung. gue sabar deh nanti aja kalo mereka udahh pada selesaii pipis giliran gue menguasai tuh toilet, but semua itu ga berjalan mulus bro, anak-anak yang mau ke toilet buat pipis tuh ga abis-abis yang ini keluar yang itu dateng terus KAPAN GILIRAN GUEE ??!!! yaudah kayanya tinggal dikit nih asik sekarang giliran gue, yaudah gue pun akhirnya kesampean juga buat ngelampiasin. tau nih entah kenapa gue akhir-akhir ini akrab banget sama toilet n jadi beser.

setelah gue selesai pup yaudah langsung deh gue kesana, tapi apa yang gue lihat ?? temen-temen gue udah pada masuk buat pemeriksaan dan udah mulai warming up. gue pun lapor tuh gue telat abis dari toilet, dan alhasil gue pun disuruh nunggu. setelah gue masuk temen-temen yang lain udah selesai pemanasan tuh, dan gue pun disuruh buka baju sama kolor n suruh pemanasan sendiri diatas meja, suruh lari2 sama lompat2. huaaa gila cape banget begitu doang. setelah gue pemanasan sendiri gue pun masuk barisan lagi.

setelah gue pemanasan dengan perut kosong bahkan 'sampah'nya pun kosong gue dan temen2 yang lain disuruh berdiri nah pas gue berdiri itu rasanya mau pingsan, kuping gue panas n ga bisa denger apa2, mata gue gelap, "yah masa pingsan si ? ga lucu ah kalo gue pingsan disini" yasudah gue bertahan dengan nyolong2 kesempatan buat nunduk (biar darah gue gampang ke kepala) dan alhamdulillah gue bertahan sampe akhir.
dokternya pun datang nyamperin kita satu persatu, dokter yang berpangkat kapten itu pun nyuruh kita buka mulut, buka sempak (tes yang paling ngga banget), dan macem2 deh, dan ada temen gue yang dipukul n ditendang gara2 dia ga matuhin perintah. waduh gue kalem2 aja deh.

tesnya pun selesai gue sebenernya ga tau ini udah selesai apa belum soalnya waktu pas gue di angkatan udara gue tes kesehatan itu semuanya, mulai dari mata, hidung, mulut, n semuanya.. sedangkan disana cuma cek varises, gigi, kelamin sama bokong. makanya gue pikir belum selesai, eh kata temen gue ya itu udah selesai. alhamdulillah kita keluar dengan kaki dan betis yang sudah mengeras dan kita disuruh nunggu lagi hasilnya gimana.. dan mungkin itu sampe sore.

dan bener aja, setelah nunggu berjam-jam disana, akhirnya tiba saatnya pengumuman, saat itu gue liat jam menunjukan sekitar jam setengah 8an setelah gue dikumpulin, dan dipisahin dengan menyebut nomer2 pesertanya yang saat itu kita ga tau bagian mana yang diambil dan dibuang. sampe tiba saatnya dikasih tau bahwa yang keluar itu bagian gue. yah yasudahlah, mungkin gue gagal belum berhasil kali ini, tapi mungkin ntar gue iseng2 nyoba lagi dengan persiapan yang lebih mateng. dan gue pun pulang dengan perut yang masih ga asik gara2 kelaperan dari tadi pagi. gue pun kayanya susah buat balik, badan gue remuk semua, terutama paha n betis. belum lagi gue harus ber iringan diantara kendaraan yang gue sebut brontosaurus. soalnya gue kalo jalan n nyalip diantara kendaraan itu berasa lagi jalan diantara brontosaurus yang lagi dikejar T-Rex.
Brontosaurus

ya itulah pengalaman gue nyoba jadi tentara lagi, walau belum berhasil ngapapa mungkin lain waktu dan sekarang pun gue bingung mau ngapain setahun ini. mau kuliah apa nyari kerja lagi.. :-/
nih mars TNI AL yang biasa diputerin tiap pagi dan sore disana. tapi yang sering diputerin disana itu yang variasi 2. ini yang asli.

r


 MARS TNI AL
angkatan laut indonesia
pengawal samudra raya
berjuang bela bumi persada
demi kejayaan nusantara
prajurit laut putra samudra
bernafaskan trisila
gagah berani pantang menyerah
bersemangat pancasila
terjang walau badai menghadang
hancurkan rintangan teguh pada tujuan
terus kobarkan semangatmu
kibarkan bendera kewajiban
jalesveva jayamahe


1 komentar: